Menggabungkan Dua Track atau Lebih

JSJP-JSSJ

Track di atas merupakan gabungan dari dua track, yakni Jelajah Sepeda Jakarta Palembang (JSJP) dan Jelajah Sepeda Surabaya Jakarta (JSSJ) . Keduanya terpaut lebih dari satu tahun. Masing-masing sebenarnya juga terbagi dalam beberapa track sesuai dengan etape tiap jelajah sepeda. JSJP terdiri atas 7 etape, sedangkan JSSJ 11 etape. Hanya saja masing-masing jelajah itu tersimpan tiap tracknya dalam satu gadget. JSSJ dalam Etrex Vista CX, sedangkan JSJP dalam Holux GPSport 245.

Yang jadi masalah, bagaimana menggabungkan keduanya sehingga bisa terlihat menyambung? Saya pikir ada fasilitas add track saat membuka sebuah track. Ternyata aku cari-cari belum nemu. Akhirnya tanya ke Paman Google dan ketemulah solusinya. Copy & Paste. Apanya yang di-copy? Bagaimana me-paste? Ternyata masih ada trik lainnya.

Pertama2, buka salah satu track yang mau digabung. Setelah itu buka program Mapsource. Jadi ada dua jendela Mapsource. Pada jendela pertama, klik track yang mau digabung. Jika track ini terdiri dari banyak track, sorot semua. Lalu klik kanan kursor dan pilih Copy.

Lalu berpindah ke jendela Mapsource satunya dan klik Edit > Paste. Lakukan untuk track yang lain dengan membukanya terlebih dahulu di Mapsource satunya. Track-track yang ingin kita satukan pun akhirnya menyambung.

      

Advertisements

One thought on “Menggabungkan Dua Track atau Lebih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s