Ini Lo Menu Atlet Tour de France

unit5.org

Jika Anda bersepeda untuk senang-senang saja, mungkin Anda hanya membekal makanan ringan untuk menjaga energi tetap terjaga. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas sepedaan Anda mencakup jarak 3.540 km dengan waktu lebih dari tiga minggu dengan hanya ada dua hari istirahat?

Untuk mengikuti Tour de France (TdF), setidaknya Anda harus menggowes dengan kecepatan 40 – 48 km/jam. Tenaga ekstra harus Anda keluarkan karena ada beberapa gunung yang harus Anda daki. Total jarak yang Anda daki setara dengan mendaki Gunung Everest beberapa kali.

Mengandalkan makanan ringan di tas punggung jelas tak masuk akal. Lalu, apa yang dimakan para pebalap itu?

Atlet seperti Lance Armstrong sesungguhnya makan sekitar enam kali selama perlombaan. Mereka sarapan, lalu sebelum-selama-sesudah perlombaan juga makan, makan malam, ditutup makanan ringan sebelum tidur. Total jenderal semuanya sekitar 9.000 kalori, setidaknya satu galon air, dan lebih dari segalon minuman energi.

Kalori sebanyak itu jika dikonversikan dengan makanan ala McDonald (namun kandungan nutrisinya tidak sama) diperoleh sekitar enam Big Mac, 40 Mc Nugget, dan tiga hot fudge sundae. Kebayang berapa banyaknya?

Berikut gambaran menu atlet TdF ketika sedang mendaki gunung seperti dimuat Life’s Little Mysteries:

  • Sarapan meliputi sebuah pisang, sekitar 15 g pasta (berat tidak dimasak), sekitar 15 g muesli (sereal tinggi karbohidrat), sebuah croissant, sekitar 23 g buah campur, 280 g jusjeruk, 226 g kopi, dan 226 g air.
  • Makanan sebelum lomba terdiri atas 15 g pasta dan 453 g air.
  • Selama tiga sampai lima jam perlombaan, pesepeda melahap empat batang makanan energi dan empat bungkus jel energi, 3,6 kg minuman energi, 0,9 kg air minum, dua sandwich daging, dan dua porsi kue manis.
  • Setelah lomba usai, menu yang dilahap meliputi 0,9 kg minuman pemulih tenaga, 0,9 kg air minum, sepotong sandwich daging, satu batang makanan energi, dan dua manisan.
  • Saat makan malam, menu pesta berupa 226 g pasta, 226 g sayuran campur, 226 g dada ayam dengan saus, 340 g yoghurt, 142 g buah segar, dan 0,9 kg air minum.
  • Terakhir, makanan ringan sebelum tidur meliputi 151 g cokelat atau manisan dan 453 g air minum.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s