Bali Bike, Bersepeda Sambil Berwisata

Intisari-Online.com – Bagi yang hobi bersepeda jarak jauh, berwisata bukan melulu melihat lokasi. Namun perjalanan menuju ke lokasi itu sendiri sudah menjadi bagian dari berwisata. Tak peduli meski waktu melihat objek wisata hanya beberapa jam, namun ada rasa puas yang tak bisa dijelaskan ketika akhirnya gowesan terakhir menginjak objek wisata.

Kian hari minat touring menggunakan sepeda kian meninggi. Bahkan bagi beberapa orang seperti sudah menjadi harga mati. Libur panjang langsung diisi dengan aktivitas genjot ke objek-objek wisata tertentu.

Mewadahi minat khusus pesepeda itu, Harian Kompas bekerja sama dengan Pertamina, Jaya Ancol, dan Polygon mengadakan “Bali Bike Kompas Daily 2012”. Perjalanan selama tiga hari dari tanggal 14 hingga 16 September 2012 itu akan menempuh perjalanan sekitar 290 km. Dibagi dalam tiga etape (Nusa Dua – Candidasa, Candidasa – Kintamani, Kintamani – Gianyar), perjalanan itu akan menyambangi beberapa objek wisata yang sudah cukup dikenal kalangan luas. Seperti Ubud, Danau Batur, Bedugul, Taman Ayun, serta Kintamani.

Meski bukan event kejuaran, namun ini juga bukan event sepeda gembira sehingga peserta dituntut untuk memacu sepedanya bersama rombongan. Ditargetkan peserta hanya 100 orang demi kemudahan pengorganisasian peserta. Dari jumlah itu diharapkan separonya adalah wisatawan asing.

Secara teknis Nugroho F. Yudho, GM Public Relations Kompas Gramedia, dalam jumpa pers mengatakan bahwa setiap 30 km atau 40 km akan dilakukan regrouping. Menunggu yang tercecer. Bagi yang kuat tentu harus menunggu. “Panitia tidak menjamin risiko bagi mereka yang mendahului road captain! Dan bagi yang berkali-kali ditunggu akan dievakuasi sampai titik akhir etape hari itu. Namun ia masih bisa ikut pada etape berikutnya.”

Peserta tak perlu repot dengan sepeda sebab setiap peserta akan diberi pinjaman sepeda dari Polygon (tipe Heist) dan tentu helm. Masing-masing peserta tinggal menyediakan logistik sepeda seperti ban cadangan. Sementara untuk logistik peserta seperti minuman dan makanan sudah disediakan panitia.

Kegiatan “Bali Bike Kompas Daily 2012” ini menjadi satu dengan jelajah sepeda Kompas yang kali ini mengambil rute Bali – P. Komodo. Oleh karena itu, dari 100 peserta itu nanti akan diundi untuk memperoleh 5 peserta yang akan diikutsertakan dalam Jelajah Sepeda Kompas Bali – P Komodo yang akan dimulai pada tanggal 18 September.

Tertarik? Segera daftarkan di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s