Buat Cewek Pesepeda: Atur Posisi Handlebar Anda

Sepeda cewek

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di The Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa ada hubungan antara posisi setang sepeda dengan perubahan sensasi genital pada pesepeda wanita.

Penelitian yang dipimpin oleh Marsha K. Guess, MD, MS, dari Sekolah Kedokteran, Universitas Yale itu meneliti 48 pesepeda wanita yang kompetitif. Mereka mengevaluasi kaitan antara sadel dan setang. Para peneliti mengukur tekanan sadel dan sensasi di daerah genital untuk melihat jika penempatan setang pada posisi yang berbeda mempengaruhi tekanan dan sensasi di daerah genital.

Hasilnya menunjukkan bahwa penempatan setang yang lebih rendah daripada sadel berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada area genital dan menurunkan sensasi (mengurangi kemampuan daerah itu untuk mendeteksi getaran).

“Modifikasi bisa jadi membantu mencegah kerusakan saraf di wilayah genital pesepeda wanita. Penderitaan kronis pada jaringan saraf genital akibat meningkatknya tekanan sadel itu berpotensi membuat disfungsi seksual,” kata Guess seperti dikutip jurnal tadi.

Sedangkan menurut Pemred The Journal of Sexual Medicine, “Ada banyak faktor yang mempengaruhi fungsi seksual wanita. Namun wanita bisa mengurangi tekanan terhadap jaringan saraf genital dengan meninggikan setang sepeda sehingga memaksimalkan tekanan sadel ke tulang duduk, maka mereka sudah menjaga kesehatan seksual mereka.”

Sekarang, coba periksa, apakah penyetelan ketinggian setang atau sadel sudah sesuai?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s