Nyetel RD dan FD

Pada sepeda multigir, peran front derailleur (FD) dan rear derailleur (RD) sangatlah penting. Kelancaran fungsi FD dan RD menentukan kenyamanan menggowes kita. Karena pemakaian yang rutin, bisa saja FD dan RD bermasalah.

Untuk itu mengerti sedikit soal menyetel FD dan RD amat penting. Terlebih mereka yang suka melakukan jelajah sepeda, baik sendiri atau berombongan. Dalam kondisi seperti itu bekal ilmu menyetel FD dan RD amat membantu. Setidaknya untuk pertolongan darurat sebelum menemukan bengkel sepeda.

Ilmu soal setel menyetel ini bisa kita temukan di Internet. Baik teks maupun video akan tersedia dengan lengkap. Selebihnya memang praktik dan praktik dan praktik hehe …. Ya, jam terbang oprek mengoprek FD dan RD ini akan mengasah intuisi kita sehingga makin mahir dalam menyetel RD dan FD.

Penyetelan Rear Derailleur (RD)

  • Pasang sepeda pada standar segitiga atau gantung pada palang sejajar atau ke tautan. Ini wajiba karena menyetel RD kita perlu memutar crank.
  • Penyetelan Top. Tempatkan rantai pada sprocket terkecil, dan perhatikan baut penyetelan di RD, pasang obeng di Sekrup Setelan Top (Top Adjustment Screw) dengan posisi Anda di bagian belakang atas RD, putar Setelan Top sehingga guide pulley berada dalam posisi segaris dengan sprocket terkecil.
  • Penyetelan Low. Tempatkan rantai pada sprocket terbesar, dan putar Sekrup Setelan Low (Low Adjusment Screw) sehingga guide pulley bergerak pada posisi tepat segaris dengan sprocket terbesar.
  • Penyetelan Ketegangan kabel (Cable tension), selanjutnya kayuh pedal dan pindahkan rantai dari satu gear ke gear yang lain. Jika masih terdengar suara gemeretak dan rantai tidak berpindah ke gir yang dituju, coba untuk memutar pengatur ketegangan kabel pada RD (Cable Tension Barrel Adjuster) atau Micro Adjuster pada shifter.

Penyetelan Front Derailleur (FD)

  • Penyetelan Low (Low adjustment), posisikan rantai pada chainwheel terkecil dan sprocket terbesar. Setel sekrup Low Adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki celah/jarak antara 0-0,5 mm.
  • Penyetelan Top (Top Adjustment). Posisikan rantai pada chainwheel terbesar dan sprocket terkecil. Setel sekrup Top adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide plate luar memiliki celah/jarak 0-0,5 mm.
  • Intermediate Chainwheel. Posisikan rantai pada chainwheel tengah dan sprocket terbesar. Setel micro adjuster pada shifter sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki jarak 0-0,5 mm.

Selamat mengoprek sepeda. (dari berbagai sumber)

Catatan:

Bagian-bagian dari RD

Bagian-bagian dari FD

Advertisements

14 thoughts on “Nyetel RD dan FD

  1. makasih artikel gan. sangat bermanfaat. kalo sepeda saya masalahnya begini gan. Posisi rantai di sprocket tidak sesuai dengan angka yang ditunjukkan shifter. Misalnya angka di shifter menunjukkan angka 4, tapi rantai ada di sprocket ke 5. Itu bagaimana cara mensettingnya gan?? thanks.

      • sip gan. sempat bingung juga muter adjusternya searah jarum jam apa berlawanan jarum jam. tapi ane coba2 akhirnya bisa.

        wah, akhirnya bisa pake gear 4. sebelumnya males banget mindah ke gear 4 coz selalu bunyi keratak2. selalu habis gir 3 langsung ke 5. sekarang udah bisa. thanks gan.

  2. ntermediate Chainwheel. Posisikan rantai pada chainwheel tengah dan sprocket terbesar. Setel micro adjuster pada shifter sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki jarak 0-0,5 mm.
    Meyetel micro adsuster letak nya dimana om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s