Garmin FR10: Minimalis, Pas Bandrol

gussur.wordpress.com – Bagi pelari, baik amatir atau profesional – gadget pengukur jarak pasti sangat membantu. Meski di setiap lomba sudah ada penanda jarak, namun gadget itu memiliki nilai lebih lain. Seperti mengukur kecepatan lari atau detak jantung.

Awalnya saya mau memilih Timex Ironman karena dapat kupon diskon. Eh, pas di pameran mobil IIMS 2013 mara saya tertumbuk pada stan Garmin. Dari peroduk-produk yang ada, Garmin Forerunner FR10 memikat perhatianku. Murah dan memenuhi keinginanku.

Sangat minimalis sepintas. Dan memang begitu adanya. Mengukur jarak, waktu, pace, kalori. Juga kecepatan per lap.

Setelah sekitar dua bulan memakai, setidaknya ada lima poin dari Garmin FR10 ini:

  1. Mudah penggunaannya. Tinggal pencet tombol yang ada icon orang berlari, tunggu sampai proses “Getting Location” selesai, maka tinggal lari. Tombol-tombol yang ada juga gampang dikenali.
  2. Cepat “ngelock”. Proses “Getting Location” tak butuh waktu lama. Pengalaman sih tak sampai 1 menit. Tergantung cuaca juga kali ya.
  3. Ada feature autopause. Ini sangat membantu buat pelari pas2an macam saya. Yang kadang butuh berhenti buat ambil napas atau beli minum. Feature autopause membuat waktu tercatat murni waktu bergerak. Jadinya bisa buat menipu juga hehe … Tapi kalau pas lomba ya catatan ikut panitia atau gak bisa menipu.
  4. Mudah mengunduh ke komputer. Begitu konektor dicolokkan ke komputer, otomatis akan memasang peranti lunak untuk menyambungkan ke Garmin Connect. Tentu kita harus memiliki akun di Garmin Connect terlebih dahulu. Jika masih menggunakan Endomondo , maka track lari juga bisa langsung diunggah melalui fasilitas Import from Garmin.
  5. History. Dengan beberapa kali pencet tombol kita bisa melihat pencapaian kita. Ringkasan hasil lari yang baru saja kita jalani atau sebelumnya. Juga catatan terbaik kita untuk jarak-jarak tertentu seperti 1 km, 5 km, 10 km, Half Marathon, dll.

Meski minimalis namun sudah cukup bagi saya. Mungkin masih ada beberapa feature tersembunyi yang belum saya temukan.

Sedikit video dari produk ini bisa dilihat di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s