5 Lomba Lari Maraton Menarik di Asia

gussur.com -Lari kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Lomba lari dikejar, bahkan sampai ke luar negeri. Nah, buat yang mencari sensasi lari tak biasa (maraton misalnya), berikut ada lima ajang lomba lari di Asia yang patut Anda pertimbangkan.

Selain jaraknya, ajang-ajang lomba di sini menawarkan pemandangan yang beragam.

Sudah siapkah Anda?

  1. Great Wall Marathon (Beijing, Cina)
    17 Mei 2014Tembok Besar Cina selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi sambil berlari. Bangunan yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini merupakan bangunan terpanjang yang dibuat manusia ribuan tahun yang lalu. Tembok tersebut terdiri atas kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti kontur pegunungan di Cina Utara. Secara keseluruhan, panjang tembok mencapai 8.850 kilometer.

    Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni maraton santai, setengah maraton, dan maraton penuh. Rute maratonnya melewati 5.164 anak tangga yang ada di sepanjang tembok rasasa Negeri Tirai Bambu. Cukup menantang ‘kan?

    Kalau Anda mendaftar maraton juga akan mendapat paket keliling Beijing dan pengalaman menginap di daerah perdesaan Jixian. China.

    Buat penamat, ada medali maraton dan bisa melanjutkan perjalanan wisata ke sisi lain Cina.

    Cek cara daftarnya di sini.

  2. Bromo Marathon (Kaldera Tengger, Bromo, Jawa Timur)
    7 September 2014Lomba di negeri sendiri tentu memberikan nilai positif. Tak perlu keluar biaya banyak.

    Kaldera Tengger yang luasnya mencapai 16 kilometer persegi dijadikan lokasi lomba. Kaldera Tengger yang terbentuk 820.000 tahun yang lalu ini memiliki lima gunung api yang tumpang tindih. Termasuk di dalamnya Bromo – gunung api termuda di antara kelimanya serta paling aktif di Jawa. Bromo merupakan gunung suci masyarakat Suku Tengger dan  merupakan gunung api paling dipuja oleh wisatawan di Indonesia.

    Balapan lari ini berawal dan berakhir di Desa Tenggerese, Wonokitri, Jawa Timur. Dari sana balapan lari berlanjut ke Desa Podokoyo yang terletak di kaldera Tengger, lalu melintasi perbukitan hijau yang mengarah ke Desa Ngawu – tempat sebuah pura Hindu berdiri.

    Selepas Ngawu, tarik nafas dan kuatkan mental untuk lari di tanjakan berlumpur yang menerobos hutan. Saat deretan hutan itu berakhir, trek akan menyempit dan kamu mulai berlari di tepian Kaldera Tengger yang amat megah.

    Balapan lari kemudian berlanjut ke pinggiran titik pandang kawasan Dingklik, tempat pelari berjumpa lagi dengan jalur jalan beraspal dan terus menanjak sampai tampak panorama Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

    Cek cara daftarnya di sini.

  3. Angkor Wat International Half Marathon (Siem Reap, Kamboja)
    7 Desember 2014Bayangkan kita berlari di tengah situs arkeologi paling menakjubkan di dunia ini. Kuil Angkor yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 kaya akan gaya rancang bangun Khmer. Sepanjang balapan, kita bisa narsis dengan latar mempesona tersebut, berinteraksi dengan anak-anak yang tinggal sekitar kuil, dan berlari penuh gaya menerobos Victory Gate – poin yang menandakan bahwa kamu sudah menyelesaikan jarak sejauh 15 kilometer.

    Ajang ini juga sifatnya sosial. Keuntungan yang diperoleh disalurkan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban ranjau di Kamboja dan ikut memerangi penyebaran HIV/AIDS di negara tersebut.

    Kompleks Kuil Angkor umumnya menawarkan trek yang datar dan teduh, sebab ada cukup banyak pohon-pohon tua yang meneduhi kawasan tersebut. Peserta lari juga diberi pilihan, yakni lari setengah maraton sejauh 21 kilometer, lari 10 kilometer, dan lari santai 3 kilometer untuk pemula. Tiap 2,5 kilometer, anak-anak Angkor akan membawakan botol air mineral untuk mengusir dahaga.

    Cek cara daftarnya di sini.

  4. Genghis Kahn Grassland Marathon (Xiwuqi, Mongolia Dalam, Cina)
    4-6 Juli 2014Saat kita berlari di tengah padang rumput Mongolia Dalam, hanya ada kita dan pelari lain. Benar-benar sepi, damai. Itulah sisi menariknya ajang lomba lari ini.

    Tak kalah menarik lainnya, lomba lari ini bertempat di ‘rumah’ Genghis Khan. Ibu kota kekaisaran Mongolia, Karakorum, jaraknya dekat sekali dengan lokasi lomba.

    Lomba lari ini juga masih bagian dari Festival Genghis Khan yang berlangsung selama dua hari. Kita bisa ikut ambil bagian dalam perayaan budaya dan kuliner unik tersebut.

    Waktu lomba dibatasi dan peserta Grassland Marathon akan melewati rute off-road dengan jarak berbeda-beda. Mulai dari 42,5 kilometer, 21,5 kilometer, dan 11, 5 kilometer. Treknya adalah tanah empuk, rumput, dan perbukitan.

    Cek cara daftarnya di sini.

  5. Ladakh Marathon (Ladakh, India)
    14 September 2014Ladakh – biasa dijuluki Tibet kecil – terletak di timur kawasan Jammu dan Kashmir. Tempat ini merupakan salah satu permukiman tertinggi di Bumi. Di masa lalu, Ladakh termasuk perhentian utama para pedagang yang melintas di Jalur Sutra antara Asia Tengah dan India.

    Lomba lari di ‘Atap Dunia’ tersebut melewati rute menuju rumah musim panas Dalai Lama, Leh-Manali, kawasan tempat tinggal pengungsi Tibet. Di hari lomba, biasanya ada empat kegiatan berlangsung secara bersamaan. Salah satunya lomba lari ultra-marathon di titik tertinggi dunia, pada ketinggian 5.360 meter.

    Cek cara daftarnya di sini.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s