Mengubah Track Di Holux Agar Dapat Diedit Dengan MapSource

gussur.com – Gara-gara komputer bermasalah, terpaksa instal ulang OS-nya. Sayang, CD salah satu program yang ada di komputer tersebut raib entah kemana. Padahal lumayan penting. Holux GPSport 245 menjadi alat yang mumpuni saat dipakai sebagai pencatat jarak dan kecepatan saat touring. Sebenarnya masih banyak kebisaan dari Holux ini.

Setelah mengunduh software Holux ezTour dari situs resmi dan meminta S/N dari kantor pusatnya, ternyata software-nya error. Ada satu baris script yang tak bisa jalan. Gawai GPSport tak terbaca. Holux ezTour merupakan jembatan antara komputer dan GPSport 245.

Karena tak bisa menampilkan track di layarnya, maka kehadiran Holux ezTour sangat membantu untuk melihat jalur yang pernah kita lalui. Ujung2nya bisa untuk narsis di endomondo hehe…

Instal ulang softwarenya setelah sebelumnya membersihkan semua remah-remah dari Holux ezTour, ternyata masih gagal juga. Eh, la pas bongkar-bongkar meja kerja ternyata ketemu itu software Holux ezTour bawaan GPSport 245. Ya wis, langsung install. Masih error tapi sudah bisa membaca GPSport.

Lumayanlah … dan inilah proses mengubah track yang ada di GPSport 245 menjadi file .gpx agar bisa diunggah ke Endomondo.

  • Buka Holux ezTour dan colokkan GPSport 245 ke komputer.
  • Klik File > Read GPS device log. Atau klik ikon yang ada di pojok kiri atas. Log track pun akan tertampil di jendela layar. Klik OK.
  • Klik File > Export Track(s). Tinggal centang saja mana yang mau di-export. Klik OK.
  • Sorot ke folder mana tempat file mau disimpan. Ketik nama file dan jangan lupa, Save as type sebagai GPX File(*.gpx).
  • Lalu buka GPSBabel (software bisa diunduh di sini). Yang perlu diperhatikan adalah pada kolom Input pilih Format: GPX XML. Pilih file yang tadi sudah disimpan. Untuk Output, pilih Format: Garmin Mapsource – gdb. Simpan file ubahan ini di folder yang sudah Anda tentukan.
  • Dari sini buka software Mapsource. Jika belum punya, bisa install dengan cara ini. Buka file *.gdb tadi. Lalu klik File > Save as. Pilih Save as type: GPS eXchange Format (*.gpx).
  • Buka endomondo.com, login, terus kli New Workout. Pilih Import from File. Cari file *.gpx tadi dan klik Next.

Selamat mencoba!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s