Adaptor U-Brake untuk Frame Balap Lawas

gussur.com – Punya sepeda balap lawas dibuang sayang. Sempat dipakai wara-wiri gowes ke kantor, lalu beberapa touring, sampai akhirnya teronggok di sudut rumah. Tugasnya digantikan oleh sepeda yang lebih baru. Baru diperoleh maksudnya.

Sebenarnya sepeda balap merek Johnson ini enak dipakai. Persoalannya adalah rem U-nya yang mulai rewel. Saya kurang piawai menyetelnya kali. Tapi sudah saya bawa ke tukang sepeda hasilnya juga tak membaik. Mengganti dengan rem U yang baru tak menyelesaikan masalah juga.

Lalu ada rem U pemberian teman. Model baru, yang dipakai di sepeda balap sekarang ini. Modelnya short reach sehingga ketika dipasang di Johnson otomatis kampas nyentuh ban. Alias kurang panjang.

Cari informasi di Internet, ternyata bisa diakali dengan menggunakan potongan U-brake lawas. Atau punya BMX. Ambil yang lempengan tempat naruh kampas. Tinggal gergaji dan jadilah adaptor pengait rem.

Untuk yang depan, karena baut pegangan rem lebih panjang maka gunakan dua buah lempengan adaptor. Jika mau lebih bagus bikin adaptor khusus di tukang bubut. Ujungnya dimasukkan ke lubang top tube.

Setelah oprek sana-sini, jadilah seperti ini. Maaf, sepedanya belum dicuci. Tapi memang sudah buluk sih, dicuci sepertinya gak ngaruh hasilnya lebih bersih hehe … Tapi, yang penting sepedaannya. Bukan sepedanya. Saya sudah coba test ride gowes ke kantor hasil pengereman sudah mumpuni.

akali ubrake dari kaskusBahan dan bagian yang dipotong. (Foto: kaskus)

P_20150519_102818Pemasangan di rem belakang.

P_20150519_102827Untuk bagian depan perlu menggunakan dua plat.

8 Comments

  1. halo om saya mau tanya. Sepeda saya frame 26 dengan wheelset 26 dan rem v brake. Dipasang stang drop bar dan brake lever roadbike ternyata ada masalah di rem depannya. Kata tukang bengkel deket rumah saya, masalahnya di brakelever roadbike rem nya u brake tapi disambungkin ke v brake jadi saat melakukan pengereman pakem sepedanya lgsg loncat. Solusinya kira2 apa ya om? kalau dari bengkelnya perlu adaptor dari u brake ke v brake. Mohon bantuannya om terimakasih

    1. ini pengalaman teman. Saya belum nyoba. Saya juga bikin Federal dropbar tapi rem masih bawaan, cantilever. Teman saya tetap pakai Vbrake terus ditambah adaptor seperti ini. https://www.bukalapak.com/p/sepeda/part-generik/2jz2j2v-jual-litepro-converter-v-brake-adaptor-v-brake-converter-sepeda-lipat?from=product_owner&product_owner=normal_seller cuma cari kabel rem yang ukuran 1,5mm. Soalnya yg 1,6mm gak masuk. Semoga membantu. Salam gowes sak pegele hehe…

      Sent from Yahoo Mail on Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s