7 Speed? Cukuplah!

gussur.com – “Pake yang 10 kaset. Biar larinya tambah ngacir.” Begitu saran yang aku dengar saat berada di sebuah toko sepeda. Ada dua orang bapak-bapak sedang mencari kaset baru. Sepertinya yang mau beli belum lama main sepeda. Saya tersenyum geli.

Laju sepeda ditentukan oleh banyak hal. Selain mekanisme penggerak (groupset), mulai dari sprocket atau kaset tadi, crank, pelek, juga dari ban yang menapak di aspal. Bagaimana lebar ban? Kembangannya? Tekanan angin?

Namun tak dipungkiri memang bahwa mengganti sprocket dipercaya banyak orang menjadi jurus ampuh membuat sepeda ngacir di jalan datar dan mumpuni di jalan nanjak. Benarkah?

Di Internet dengan mudah kita memperoleh jawaban dari pertanyaan tadi. Mengganti sprocket tak serta merta membuat sepeda ngacir atau mumpuni pas nanjak. Bahkan sepeda 21 sp bisa bersaing dengan 3o sp. Saya sendiri masih memakai 21 sp di sepeda lawas. Selama ini tidak masalah dalam hal menaklukkan banyak kontur jalan.

***

Perhatikan tabel di bawah ini, yang memberikan besaran perbandingan gigi groupset 21 sp (3 x 7 speed). Perbandingan gigi ini diperoleh dari pembagian jumlah gigi pada chainring dengan jumlah gigi pada sprocket. Misal chainring yang paling kecil memiliki gigi 22, sedangkan sprocket ada di kaset paling besar (30 teeth), maka perbandingan gigi kombinasi 22-30 adalah 0,73.

21 sp rasio gir sepeda

Sedangkan pada tabel kedua di bawah ini, soal jangkauan roda setiap satu putaran penuh. Angka diperoleh dari perbandingan gigi (tabel pertama) dikalikan dengan panjang keliling roda. Panjang keliling roda yang dijadikan acuan adalah 200 cm.

21 sp jangkauan roda

Dari dua tabel itu, semakin rendah perbandingan gigi maka kayuhan akan terasa lebih enteng. Kombinasi chainring 22 dengan sprocket 30, lebih ringan dari 22 – 13. Tetapi semakin rendah perbandingan gigi, daya jangkau setiap kayuhannya menjadi semakin pendek: 1,5 m berbanding 3,4 m.

Selain itu saat kombinasi chainring dan sprocket berbeda, tetapi perbandingan giginya sama, maka berat/ringannya kayuhan serta daya jangkau roda tetap sama.

Nah…. dari pemodelan dua tabel itu, kita bisa mengombinasikan kombinasi antara chainring dan sprocket. Dengan sedikit rekayasa, kemampuan groupset 21 speed dapat mendekati kemampuan groupset 30 speed sekalipun. (sumber: pedalku.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s