Jalur Parigi Baru, Labirin Pelepas Adrenalin

gussur.com – Berbahagialah mereka yang tinggal di seputaran Serpong. Khususnya penggemar sepeda yang suka main tanah. Setelah Jalur Pipa Gas (JPG) yang sudah kondang itu, lalu Cihuni, kini ada tempat bermain yang baru tapi lama, Jalur Parigi Baru (JPB).

Sesuai namanya, jalur sepeda XC ini terletak di Desa Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lokasi ini dapat dicapai lewat Masjid Bani Umar, Jalan Graha Bintaro, Graha Raya, Pondok Aren. Bila membawa kendaraan sendiri bisa parkir di halaman masjid. Ada minimarket Indomaret di sini sehingga tak usah khawatir jika belum mempersiapkan bekal. Setidaknya air minum dan camilan bisa Anda peroleh di sini.

Start dan finish bisa di Masjid Bani Umar. Jika tidak membawa kendaraan pribadi bisa sambung ke JPG jika kurang puas. Ada banyak lintasan yang bisa Anda coba di JPB. Mulai dari lintasan teknikal, tanjakan penguras tenaga, dan turunan pemacu adrenalin. Namun jika sekadar melemaskan otot kaki sembari mengajak anak-anak mengenal lintasan tanah pun ada. Atau narsis foto-foto di hutan bambu.

Saking banyaknya jalur, saya menganalogikan JPB dengan labirin. Soalnya pernah diajak seorang teman yang belum hapal, dibawa muter-muter dan ketemu jalur yang pernah dilewati sebelumnya. Bagi yang belum pernah menjajal trek ini besar kemungkinan akan tersesat. Jika punya akun Everytrail, bisa unduh salah satu trek JPB di sini.

Tak harus menggunakan sepeda fullsus di sini. Sepeda HT pun masih nyaman. Tak banyak rute yang gradakan seperti di JPG. Apalagi kalau jalur sebelumnya tersiram air. Banyak jalur tanah yang mulus. Kira-kira 80 persen jalur offroad. Sisanya aspal dan konblok. Banyak warung di jalur ini.

Karena belum menjadi jalur khusus sepeda, maka goweser harus menjaga sopan santun saat melewati halaman rumah penduduk setempat. Jangan merusak tanaman di ladang. Persiapkan peralatan sepeda yang lengkap, terutama tambal ban. Seperti yang dialami seorang teman yang bannya bocor ketusuk potongan bambu.

Selamat ber-XC di JPB! Lepaskan adrenalinmu. Nikmati setiap kayuhan andai tersesat di labirin!

Sebelum turun, tak ada salahnya menikmati video berikut.

Advertisements

2 thoughts on “Jalur Parigi Baru, Labirin Pelepas Adrenalin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s