logo vw

Toyota Tergusur VW Sebagai Pabrikan Mobil Terlaris di Dunia

gussur.com – Volkswagen telah menyalip Toyota sebagai pabrikan mobil terlaris di dunia. Ini kali pertama perusahaan Jerman meraih posisi ini. Toyota dari Jepang yang mencatatkan penjualan terbanyak selama empat tahun belakangan, menjual 10,175 juta unit mobil secara global pada 2016. Jumlah itu tak jauh dari penjualan VW yang mencapai 10,31 juta, seperti yang dilaporkan minggu lalu.

Capain itu diperoleh meski VW mengalami masalah dalam skandal kecurangan tes emisi, yang menimbulkan dampak global dan beberapa tuntutan hukum. Juru bicara VW berujar, “Tahun 2016 merupakan tahun yang sangat menantang bagi kami.”

Perusahaan asal Jerman itu, “Membuat langkah-langkah dalam menyelesaikan krisis diesel dan mengawali perubahan mendasar dalam strategi jangka panjang perusahaan,” kata jubir tadi. VW juga berhasil membuat bisnis stabil meski dalam kondisi sulit, dengan fakta berhasil menyerahkan lebih dari 10 juta kendaraan kepada pelanggan tahun lalu.

Volkswagen yang membawahi merek-merek Audi, Porsche, dan Skoda mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 3,8 persen yang didukung oleh permintaan pasar China. Juga membuat terobosan lain di dunia. Seperti di Swedia, VW Golf menjadi mobil paling populer tahun 2016. Sebuah prestasi tersendiri mengingat inilah kali pertama sejak lebih dari setengah abad mobil paling populer di Swedia – Volvo – tergeser dari peringkat pertama.

Penjualan Toyota sendiri tumbuh sebesar 0,2 persen akibat melambatnya industri mobil di AS. General Motors baru akan melaporkan penjualan 2016 minggu depan, namun diharapkan tidak berbeda dari perusahaan Jepang dan Jerman itu. GM merupakan perusahaan terbesar ketiga tahun 2015. Pernah menjadi nomer satu tahun 2011 kala produksi Toyota terganggu oleh gempa dan tsunami di wilayah Jepang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s