Belanda Surganya Pesepeda

gussur.com – Belanda selain dikenal sebagai negara polder, juga sebagai negara sepeda. Jumlah sepeda di sini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

Tidak hanya kaum muda, tapi seluruh lapisan masyarakat dengan riang gembira bersepeda ria. Karena itu, tak berlebihan jika pemerintah Belanda menciptakan jalan hingga pengatur lalu lintas khusus sepeda.

Jalur sepeda di Belanda sudah mencapai lebih dari 32.000 km membentang ke seluruh arah dengan penunjuk jalan yang tertata rapi. Alhasil, pesepeda dengan mudah menentukan arah tujuan, tanpa khawatir tersesat. Yang membuat pesepeda Indonesia iri, di sana para pengendara lain seperti motor atau mobil sangat menghargai para pesepeda. Pendeknya pesepeda di Belanda diperlakukan bak raja.

Seperti yang ditulis di mytrip.com, kebanyakan sepeda di Belanda adalah sepeda kota. Model sepeda onthel. Maklumlah kondisi jalan di sana yang relatif datar dan mulus.

Karena banyaknya jumlah sepeda (karena rata-rata para komuter memiliki dua sepeda, satu sepeda untuk rute rumah ke stasiun, satu lagi dari stasiun ke kantor), maka tidak mengherankan bila di Belanda banyak penitipan sepeda yang bertingkat.

Cuma sayangnya jumlah sepeda yang banyak itu juga diikuti banyaknya kasus pencurian sepeda. Awalnya agak heran juga, masak negeri semakmur Belanda masih ada pencurian sepeda? Tapi faktanya memang begitu. Lihat aja, semua sepeda yang diparkir selalu dirantai dan digembok oleh pemiliknya. Itu sudah menjadi pertanda kebenaran fakta itu. Bahkan tidak tanggung-tanggung, rantai yang dipakai rantai yang lumayan besar dan berat, karena kalau rantainya kecil mudah dipotong.

Video ini bisa memberi gambaran betapa nyamannya pesepeda di Belanda.

Kapan ya bisa seperti ini Jakarta?

(Sumber foto)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s