Komuter Bersepeda Ternyata Lebih Sehat dari Komuter Bermotor

gussur.com – Masih berpikir soal gowes ke kantor (juga gowes pulang kantor) dapat mengganggu kesehatan karena polusi? Sebuah postingan dari Chaidir Akbar di Facebook ini semoga memberi jawaban atas kegamangan tadi.

Pada suatu hari di bulan September 2017, Chaidir Akbar dan dua orang temannya melakukan test Oxidative Stress. Tes ini dapat mengukur dua hal: tingkat radikal bebas di tubuh dan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas.

Tiga orang tersebut memiliki profil yang berbeda-beda:

  • Orang pertama: tidak olahraga rutin, komuter dengan mobil.
  • Orang kedua: olahraga rutin, komuter dengan mobil.
  • Orang ketiga: olahraga rutin, komuter dengan sepeda.

Hasil tes menunjukkan bahwa orang ketiga memiliki tingkat radikal bebas terrendah dan daya tahan terhadap radikal bebas tertinggi dengan angka yang signifikan. Jauh dibandingkan dengan kedua orang lainnya.

Di bulan November 2017, peneliti Brasil melakukan sebuah penelitian laboratorium dengan objek penelitian diberikan paparan polusi ketika berolahraga dan saat tidak berolahraga. Hasilnya, berolahraga dapat membalikkan efek negatif dari polusi. Polusi menyebabkan inflammatory dan olahraga adalah anti-inflammatory.

Lantas, apakah dengan hasil itu kita acuh saja dengan polusi? Tentu saja tidak! Tetap saja kita harus menghindarinya sebagai tindakan pencegahan. Ingat, polusi udara di jalanan kota merupakan sumber radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis dan penyakit degeneratif seperti serangan jantung, Alzeimer, stroke, dan kanker.

Nah, jika akhirnya menyadari bahwa ternyata komuter bersepeda ternyata lebih menyehatkan, mulailah gowes ke kantor. Jika jaraknya terlalu jauh, bagilah dua rute dengan transportasi umum. Misal dari rumah ke stasiun atau terminal naik sepeda.

Mereka yang jam kerjanya tak seperti pekerja kebanyakan bisa melakukan komuter dengan bersepeda menggunakan sepeda lipat dan disambung dengan kereta CL yang membolehkan kita membawa sepeda lipat ke dalamnya. Asal dilipat dan kondisi CL tidak ramai penumpang.

Untuk menghindari polusi, gunakan rute yang lebih sepi dari kendaraan. Juga gunakan masker hidung.

Selamat ber-bike to work. Siapa tahu kita bisa ketemu di jalanan.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s