Semerbak Bunga Kopi di Mandailing

gussur.com – Sore itu, dalam gerimis hujan yang membuat badan terkadang menggigilkan badan kurus ini, aku sedikit merinding. Bau harum menyengat masuk dalam saluran napasku. Aneh, baru kali ini aku menghirup bau seharum ini.

Wanginya, entah mengapa berkonotasi dengan magis. Ya, sore itu aku memasuki sebuah perkampungan entah apa namanya. Baru kali ini aku lewat. Perkampungan sepi. Bisa jadi karena hujan dan waktu mulai melipir ke lingsir bocah.

Aku sedikit menyesal mengapa tadi ikut memancal sepeda. Awalnya kami, rombongan sepeda Jelajah Kompas Sabang – Padang berhenti makan siang sembari pesta durian. Kami usai melewati kelak-kelok Bukit Barisan. Tujuan kami adalah Samosir.

Saya sempat berhenti ketika berpapasan dengan seorang penduduk. Barulah tahu saya, wangi yang menghipnotis itu berasal dari bunga kopi. Daerah yang saya lewati ternyata menjadi bagian mata rantai kopi di Indonesia. Ya, kopi mandailing!

Menyadur dari Sasame Coffee, sesuai namanya, kopi mandailing berasal dari Sumatra Utara, tepatnya di Kabupaten Mandailing Natal. Nama Mandailing diambil sekaligus sebagai penanda nama suku yang ada di Sumatra Utara, yaitu Suku Mandahiling. Perkebunan kopinya terletak di sebagian pegunungan Bukit Barisan.

Mandailing Natal merupakan daerah penghasil kopi Indonesia yang sudah berjalan sejak tahun 1800-an. Berdasarkan sejarah, perkebunan kopi mandailing bermula dari Sistem Tanam Paksa yang dilancarkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Karena berasal dari jenis arabika, karakter kopi mandailing tentu memiliki rasa asam dan aroma yang khas. Namun, jika dibanding dengan jenis kopi arabika sumatra lainnya, tingkat keasaman atau acidity kopi mandailing cenderung paling rendah.

Selain itu, aftertaste yang manis juga merupakan salah satu karakter yang khas. Aftertaste manis ini seolah menjadi penawar lidah setelah menyesap body yang sedikit tebal. Perpaduan rasa manis serta asam yang tidak terlalu tinggi ini menjadi favorit orang-orang yang suka ngopi tapi punya lambung yang sensitif.

Kelebihan kopi mandailing yang lain adalah pada aroma floralnya yang wangi. Semerbak wangi ini kemudian membuatnya sering digunakan beberapa roastery atau coffee shop untuk membuat house blend.

Aroma bunga kopi tadi menjadi penyemangat gowesan menanjak menuju Tele. Sayang, hujan yang awet dan dingin yang menusuk jersey membuat saya menyerah sebelum tujuan. Sebuah mobil bak terbuka menjadi penyelamat menuju Tele.

Suatu saat akan saya teruskan rute yang awalnya beraroma mistis ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s