#JSSP: Packing

Akhirnya ikut lagi Jelajah Sepeda Kompas setelah absen di gelaran tahun 2012 (Bali – Komodo). Dibandingkan dengan jelajah-jelajah sebelumnya, ada yang berbeda dalam jelajah kali ini. Ya, panitia tidak menyediakan sepeda. Alhasil peserta harus mempersiapkan sendiri sepeda dan segala perlengkapannya.

Jadi, jika jelajah sebelumnya tinggal bawa badan, Jelajah Sepeda Sabang-Padang (#JSSP) kali ini harus bawa badan dan tunggangan. Karena titik awal adalah Km 0 di Pulau We, maka tunggangan itu harus dikemas sedemikian rupa sehingga mudah diangkut ke bandara.

Soal ngepack sepeda, ini yang ketiga kali. Yang pertama waktu ikut Citicyclink. Saat itu saya menggunakan tas sepeda yang soft dengan sepeda MTB. Yang kedua waktu touring Jogja-Wonosari-Klaten (Jowok). Waktu itu menggunakan kardus berisi sepeda MTB jadul.

Kali ini packing sepeda MTB. Menggunakan kardus dari Polygon ternyata ada dua macam kardus. Yang kecil dan besar. Memperhatikan merek Polygon yang masih tertempel di kardus itu kok sepertinya untuk produk-produk baru kardusnya lebih besar. Alhasil menggunakaan kardus baru ini tak perlu mencopot ban belakang.

O ya, untuk mempercepat saat merakit, jangan mencopot stem dari steer tube agar handlebar bisa masuk. Cukup copot handlebar dari “pemegang” di stem. Jadi stem tetap di steer tube. Jika stem dicopot, selain harus meluruskan arah stem, juga kudu mengencangkan stem ke steer tube.

Kembali kali ini saya mencopot RD. Semoga tidak bingung saat memasangnya kembali. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s