Menuju Curug Cipamingkis

Dengkul Meringis di Rute Sentul – Cipanas via Cipamingkis

gussur.com – Ketika hobi tak tersalurkan melalui kompetisi, maka mengalahkan diri sendiri menjadi hiburan yang mencerahkan. Menembus batas kemampuan tanpa lupa bahwa manusia itu terbatas. Begitulah saya memaknai hobi. Makanya, ketika KGC mengadakan jambore yang ke-6 di Wisma KG Pacet, Cipanas, saya mencoba mencari tantangan lain dalam menuju lokasi jambore.

Ada banyak jalur dari rumah menuju Pacet. Lewat jalur tradisional (Jalan Raya Puncak), jalur semi-elite (Jonggol – Cariu), elite (Cibadak – Cipamingkis), atau super-elite (Bogor – Sukabumi – Cianjur). Jangan protes soal level ya … itu cuma ngawur saja kok.

Coba, saya pilih yang mana?

Ya… Cibadak – Cipamingkis! Soalnya belum pernah dan tidak makan banyak waktu. Jonggol – Cariu dah pernah, sementara Jalan Raya Puncak berkali-kali malahan. Naik mobil maksudnya hehe…

Jalur Cibadak – Cipamingkis ini patut dicoba bagi penyuka sepeda (dan jalan nanjak). Akan ada rolling yang bervariasi, tanjakan panjang alus, dan belokan tajam menanjak. Banyaknya jembatan yang saya lewati membuat saya menjuluki jalur ini jalur seribu jembatan.

Ada banyak tempat berhenti yang menyajikan pemandangan indah. Juga kuliner mak ler. Belut, ikan, tahu bulat, es krim, mi instan, dan lain-lain. 🙂 Saya sempat beli es krim karena penasaran saja. Disalip mulu sambil nawarin jualan. Ya sudah, saya berhentikan dan nyoba. Soal rasa, ya gimana ya? Sudah kadung beli sih. Untung cuma sekali disalip tahu bulat. Kalau berkali-kali bisa juga tak stop tuh!

Beberapa ruas jalan rusak. Beberapa parah. Setelah Cipamingkis lebih parah lagi. Kubangan lumpur. Sempat kepater di tengah sehingga terpaksa kaki belepotan lumpur.

Menggunakan sepeda velo 20 milik anak saya yang lama ngejogrok ternyata jalur itu bisa kususuri juga. Butuh tiga kali berhenti. Makan siang sambil menunggu rombongan Bekasi sebelum jembatan Ciherang, menunggu rombongan Bekasi makan siang di pinggir sawah tak jauh dari Gunung Batu, menunggu rombongan Bekasi yang tertinggal di Cipamingkis. Dari Condet sekitar pukul 05.00 sampai Wisma KG di Pacet sekitar pukul 18.00.

Cerita selanjutnya lihat di foto-foto saja ya. Kalau ada yang kurang jelas tinggalkan komentar. (Emang ada? hehe…). Yang jelas, lewat jalur Cipamingkis ini dengkul akan mringis.
jambore profil 1

Profil dari rumah sampai Jungle Land Sentul

jambore profil 2

Gurah dengkul di sini nih. Dari Jungle Land sampai Jembatan Ciherang (foto jembatan di bawah)

jambore profil 3

Ini sampai tempat makan rombongan Bekasi. Di tepi sawah yang latar belakangnya Gunung Batu.

jambore profil 4

Gurah dengkul lagi. Lebih nyuss … Dari tempat makan sampai Wisma KG Pacet.

DSCN7529

Sepenggal tanjakan sebelum Curug Kencana

DSCN7530

DSCN7531

DSCN7532

Bule ini balik kanan di pertigaan Cibadak. Kayaknya kembali ke Cibinong/Sentul

DSCN7534

Jalan yang mengelupas.

P_20160423_103630_BF

Omega leha-leha habis makan.

P_20160423_120547_BF

Jembatan Ciherang. Satu2nya jembatan beratap rangka yang saya temui di jalur ini.

P_20160423_123907_BF

Sawah, Gunung Batu, langit biru. Saya ambil dari rumah makan tempat rombongan Bekasi makan siang.

P_20160423_140019_BF

Belokan tajam menanjak lagi.

P_20160423_143219_BF

Lumayan ambil napas setelah tanjakan ngehek. Banyak yang berhenti di sini. Sstt … ada yang pacaran juga hehe…

P_20160423_143919_BF

Plang Curug Cipamingkis.

P_20160423_161450_BF

Ini sudah memasuki Cipanas. Dah lewat puncak Cipamingkis.

P_20160423_161941_BF

Es krim yang meneror selama perjalanan. Luluh juga aku ….

P_20160423_163042_BF

Di tengah kubangan itu aku kepater … ihik…ihik. Untung pakai sendal gunung.

https://www.strava.com/activities/554215167/embed/4e2646bbd11446ce2ef96a2c30d9ecafef8de96f

Trayek Jungle Land sampai Jembatan Ciherang

https://www.strava.com/activities/554215288/embed/384ed87b3e21811b7749cba7043ba73bb48d6441

Antar rombongan Bekasi makan siang nih … Trayek singkat namun padat (tanjakan).

https://www.strava.com/activities/554215515/embed/452f242be0f1e474839494d1af15c4a656503d57

Yang mau gurah dengkul, trayek ini cocok Bro!

https://www.strava.com/activities/554836007/embed/c495e9e2ee021c5856e6860ccee4d08b7650e9c2

Rute pulang lewat Puncak aja. Ogah suruh balik lewat Cipamingkis lagi hehe …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s