Remah-remah Sejarah Sepeda Federal (1)

gussur.com – Membicarakan sepeda Federal seperti tak ada habis-habisnya. Jika sebelumnya dibahas sekelumit sejarah sepeda Federal, kali ini penggal-penggalnya saja. Malas ngedit hehe … Sumber masih sama dari sumber untuk tulisan tadi.

(Baca dulu: Sekelumit Sejarah Sepeda Federal)

  • Hal unik dari lambang F yang segitiga adalah panjang kiri dan kanan tidak sama. Perancang logo ini adalah Erliansjah (R&D Federal Motor saat itu). Masalah tidak sama panjang itu tidak disengaja. “Lalu saya ikut mendesain lambang F berbayang.” (Sebagian besar decal di tahun-tahun berikutnya, termasuk Cycle 2000 CAD Technology, seri Cat – Stray Cat, Street Cat, Wild Cat, Bob Cat, Tom Cat, dll., seri gunung – Alpenz Peak, Mt. Everest, dll. hanya menggunakan rugos, manual. Termasuk tulisan Biometric dan Biocontour di sadel sepeda.)
  • Frame Panther adalah milik Kuwahara dengan ciri khasnya di ujung seatstay runcing dan melengkung. Juga ada huruf K. Frame Panther memiliki ciri khas MTB jaman dulu yg ber-lugs. Karena dianggap kurang kuat, produksi selanjutnya menggunakan sistem las. Panther dan Puma adalah produk high-end di awal-awal Setelah itu produk high-end dipegang nama-nama gunung. Sementara untuk middle-low diserahkan pada seri kucing (cat).
  • Tipe paling laku adalah City Cat. Awalnya Street Cat, lalu dibuatlah produk di bawah Street Cat dengan pembedaan komponen, yaitu City Cat sebagai produk sisipan. Seperti Tomcat dan Bobcat.
  • Sepeda-sepeda yang digunakan sebagai hadiah selalu mengambil produk jadi. Dengan begitu tidak ada produk khusus untuk hadiah.
  • Alpenz Peak adalah produk kasta tertinggi yang dibuat sendiri oleh FCM, walau produk prestisenya adalah Competition alumunium. Compe alumunium adalah produk tahun berikutnya dari yang chromoly (tubing Kuwahara dan dilas di Indonesia).
  • Perbedaan atribut pada frame sangat memungkinkan karena suatu hal, yang akhirnya disepakati untuk mengubah frame tersebut dan dijadikan tipe lain. Hal ini kadang terjadi dan membuat kebingungan di masa sekarang ini.
  • Soal sepeda tandem Pak Harto, ceritanya begini. Waktu itu beliau memesan sepeda tandem di PD Mini untuk Haornas. Tapi frame tandem tersebut patah. Tahun berikutnya, Federal yang diminta untuk membuat. Akhirnya impor dari Kuwahara karena FCM belum punya teknologinya. Jadilah tandem chromoly. Bersama tandem ada 20-an sepeda MTB yang dikirim ke Istana.
  • Nomer seri (SN) pada produk Federal diketrik setelah jadi frame. Ada di bottom bracket dan di seattube.

Sudah dulu ya…. Nanti dilanjut di seri berikutnya.

Salam Federal!

 

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s